CARA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI PADA MASYARAKAT
Sebelumnya telah di jelaskan tentang koperasi
pada tulisan sebelumnya tentang apa itu koperasi dan sejarah koperasi,sekarang
pada tulisan selanjutnya yaitu adalah bagaimana cara mensosialisasikan koperasi
kepada masyarakat,Sebelum kita membahas tentang tulisan selanjutnya mari kita
mengetahui terlebih dahulu apa itu Sosialisasi.
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan
atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah
kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori
mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi
diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Menurut kesimpulan saya Sosialisasi itu suatu proses
pengenalan terhadap sesuatu yang baru atau yang sebelumnya belum pernah di ketahui.
Seperti contohnya MOS, MOS merupakan
salah satu proses sosialisasi, sosialisasi (pengenalan) bagaimana suasana baru,
tempat yang baru dan teman baru yang terjadi di sekolah.
Seperti
yang kita ketahui, era globalisasi kini telah merambah masuk ke Indonesia.
Dalam era globalisasi seperti ini, sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan
pengurus koperasi dalam mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Seperti
yang telah kita ketahui, dengan adanya era globalisasi ini, perkembangan
teknologi semakin hari semakin meningkat kecanggihannya. Mulai dari di dunia
maya sampai alat komunikasi yang fiturnya sangat lengkap. Hanya dengan melalui
alat komunikasi itu, kita dapat mensosialisasikan koperasi. Banyak fitur yang
dapat kita gunakan untuk mensosialisasikan koperasi. Misalnya Blackberry.
Blackberry memiliki fitur BM atau Blackberry Massenger. Dengan BM itu kita
dapat mensosialisasikan koperasi dengan mengirimkan pesan singkat kepada
pengguna Blackberry lainnya. Dengan hal ini, tentunya info-info mengenai
koperasi akan cepat tersebarluaskan kepada masyarakat. Selain BM, aplikasi lain
yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel adalah Whatsapp. Cara kerja Whatsapp
dengan BM tidak jauh berbeda. Dengan menggunakan Whatsapp kita juga dapat
mengirimkan dan menyebarluaskan informasi mengenai koperasi, sehingga
penyebarluasan koperasi menjadi lebih mudah dan efisien.
Jika
dengan hal tersebut masih kurang memikat minat masyarakat untuk bergabung
dengan koperasi, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara
melakukan promosi. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memasang iklan di
televisi, radio, brosur, pamflet, atau internet seperti yang telah saya katakan
di atas. Semakin banyak kita melakukan promosi atau iklan, tentunya akan
membuat masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi. Dengan adanya hal
itu, mungkin koperasi akan menjadi buah bibir di masyarakat. Bila hal itu
terjadi, tentunya itu akan lebih memudahkan koperasi dalam mensosialisasikan
koperasi. Bisa dikatakan hal itu akan membuat koperasi di kenal lebih dalam
oleh masyarakat. Masyarakat yang penasaran, akan mencari tahu lebih dalam lagi
mengenai koperasi. Hal itulah yang diharapkan oleh koperasi saat ini.
Mensosialisasikan
koperasi kepada masyarakat memang tidak mudah. Di samping cara berpikir setiap
orang berbeda-beda, masalah lain dalam mensosialisasikan koperasi adalah karena
terbatasnya pengurus koperasi. Hal ini adalah hal utama yang harus
diperhatikan. Kita membutuhkan pengurus koperasi yang dapat meyakinkan
masyarakat untuk bergabung dengan koperasi. Tidak hanya pengurus koperasi yang
handal yang dapat mensosialisasikan koperasi dengan ide-ide kreatifnya, namun
komitmen koperasi dalam mengambil atau memikat hati masyarakat sangat
dibutuhkan. Komitmen yang harus dipegang teguh oleh koperasi adalah bagaimana
cara mereka untuk mensejahterakan masyarakat? Untuk mensejahterakan masyarakat
itulah kita membutuhkan kepercayaan masyarakat untuk ikut serta bergabung
dengan koperasi. Dengan demikian, bukan tidak mudah koperasi dapat
merealisasikan tujuan koperasi untuk mensejahterakan masyarakat.
Kita
dapat memanfaatkan jejaring sosial. Jejaring social seperti facebook atau
twitter kini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia.Dengan memanfaatkan social
media hal ini tentunya akan memudahkan kita dalam mensosialisasikan koperasi.
jejaring tersebut banyak dikunjungi oleh khalayak ramai, hal itu lah yang
memudahkan kita mempromosikan dan memperkenalkan koperasi kepada masyarakat.
Selain
jejaring sosial, kita juga dapat menggunakan e-mail (electronic mail)
sebagai alat untuk mempromosikan koperasi. tidak hanya pesan atau message dari
SMS,melalui email kita pun dapat mengirim pesan atau message dalam rangka
mensosialisasikan koperasi.Selain mensosialisasikan koperasi itu sendiri,
langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memperkenalkan
produk-produk koperasi. Minimarket adalah salah satu tempat yang dapat kita
gunakan untuk melakukan hal itu. Saat ini dengan mudah kita dapat menjumpai
minimarket seperti Indomart, Alfamart, Circle K, dan terakhir yang meramaikan
dunia bisnis Indonesia adalah Sevel dan Lawson. Hampir di sepanjang jalan yang
kita lewati, kita dapat menjumpai minimarket tersebut dengan mudah.
Melalui minimarket itulah kita dapat dengan mudah mempromosikan produk yang
dihasilkan oleh koperasi. Dengan cara tersebut lah kita juga dapat merubah
image koperasi yang jadul menjadi koperasi yang lebih modern dan dapat
mengikuti perkembangan zaman sehingga koperasi dapat tetap bersaing di era
globalisasi seperti ini.
Setelah
koperasi lebih dikenal oleh masyarakat dan produk yang dihasilkan diminati
masyarakat, langkah selanjutnya yang mungkin dapat dilakukan adalah
terjun langsung ke lapangan. Apa maksudnya? Kita memberikan sosialisasi kepada
masyarakat dengan cara langsung menemui dan memberi pengertian kepada
masyarakat. Kita dapat melakukan sosialisasi dengan cara door to door. Kita
dapat menjelaskan kepada masyarakat lebih terinci lagi mengenai koperasi dan
produknya.
Keberhasilan
dalam mengambil hati masyarakat agar mau bergabung dengan koperasi.
keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat untuk cinta dan minat terhadap
produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi. keberhasilan selanjutnya adalah
keberhasilan mengambil kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan dan komitmen
koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan koperasi dalam
meningkatkan integritas koperasi di masa yang akan datang. Keberhasilan
koperasi dalam menyebarluaskan koperasi ke pelosok tanah air, sehingga siapapun
termasuk golongan ekonomi rendah dapat bergabung dan merasakan betapa besarnya
dampak positif yang dihasilkan oleh koperasi bagi masyarakat dan koperasi itu
sendiri.
Dengan
produk yang berkualitas dan harganya lebih murah diharapakan mampu dapat
membantu para petani dalam memenuhi kebutuhannya termasuk kebutuhannya sebagai
petani yaitu alat-alat pertanian.hal tersebut juga dapat memudahkan masyarakat
dalam memperoleh produk yang dibutuhkan. Apabila masyarakat telah percaya
dengan produk yang dihasilkan oleh koperasi, tentunya produk dalam negeri akan
lebih diminati dibandingkan produk luar negeri. Dengan demikian, pendapatan per
kapita negara juga akan bertambah, impor tidak terlalu tinggi, serta akan
mengalami surplus karena nilai ekspor tentunya akan lebih tinggi dibandingkan
nilai impor. Selain itu, laba dan keuntungan yang didapatkan oleh koperasi akan
jauh lebih banyak sehingga dapat memperbaiki kinerja koperasi saat ini menjadi
lebih baik lagi.
Memperkenalkan Koperasi di Kancah
Internasional dirasa juga hal yang perlu dilakukan.Dalam mensosialisasikan
koperasi hal diatas dapat dilakukan dengan cara mengambil peran dari petinggi –
petinggi dibidang ekonomi untuk memperkenalkan koperasi di kancah
internasional. Hal ini dapat dilakukan dengan cara misalnya dalam rapat
dibidang ekonomi Internasional menteri atau petinggi petinggi lainnya
menyebutkan nama koperasi didalam sistem yang mampu mempengaruhi perkembangan
perekonomian, sehingga koperasi dapat dikenal secara global. Selain itu,
koperasi juga bisa membuat suatu perjanjian atau kerjasama dengan pihak asing
sehingga koperasi pun dapat memberikan dampak atu pengaruh besar dalam membantu
mendorong perekonomian Indonesia khususnya.
Koperasi sendiri diharapkan dapat
sangat membantu mensejahterakan anggota-anggotanya untuk dikehidupan
sehari-hari, khususnya dipedesaan agar dapat memperbaiki perekonomian Indonesia
juga tentunya. Memiliki masyarakat yang hidupnya sejahtera merupakan cita-cita
terbesar yang dimiliki jika saya menjadi menteri koperasi. Karena saling
tolong-menolong dan bahu-membahu dalam kehidupan merupakan hal yang sangat
menyenangkan. Terlebih lagi jika sesama manusia sama-sama sudah menyadari
betapa indahnya rasa kekeluargaan dan saling tolong menolong dikala susah antar
manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Begitulah dasar bersikap
dalam organisasi koperasi yang diharapkan dapat terwujud di masa mendatang.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar