Senin, 05 November 2012

CARA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI PADA MASYARAKAT

CARA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI PADA MASYARAKAT

Sebelumnya telah di jelaskan tentang koperasi pada tulisan sebelumnya tentang apa itu koperasi dan sejarah koperasi,sekarang pada tulisan selanjutnya yaitu adalah bagaimana cara mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat,Sebelum kita membahas tentang tulisan selanjutnya mari kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Sosialisasi.
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Menurut kesimpulan saya Sosialisasi itu suatu proses pengenalan terhadap sesuatu yang baru atau yang sebelumnya belum pernah di ketahui. Seperti contohnya MOS, MOS  merupakan salah satu proses sosialisasi, sosialisasi (pengenalan) bagaimana suasana baru, tempat yang baru dan teman baru yang terjadi di sekolah.

Seperti yang kita ketahui, era globalisasi kini telah merambah masuk ke Indonesia. Dalam era globalisasi seperti ini, sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan pengurus koperasi dalam mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui, dengan adanya era globalisasi ini, perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat kecanggihannya. Mulai dari di dunia maya sampai alat komunikasi yang fiturnya sangat lengkap. Hanya dengan melalui alat komunikasi itu, kita dapat mensosialisasikan koperasi. Banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk mensosialisasikan koperasi. Misalnya Blackberry. Blackberry memiliki fitur BM atau Blackberry Massenger. Dengan BM itu kita dapat mensosialisasikan koperasi dengan mengirimkan pesan singkat kepada pengguna Blackberry lainnya. Dengan hal ini, tentunya info-info mengenai koperasi akan cepat tersebarluaskan kepada masyarakat. Selain BM, aplikasi lain yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel adalah Whatsapp. Cara kerja Whatsapp dengan BM tidak jauh berbeda. Dengan menggunakan Whatsapp kita juga dapat mengirimkan dan menyebarluaskan informasi mengenai koperasi, sehingga penyebarluasan koperasi menjadi lebih mudah dan efisien.
Jika dengan hal tersebut masih kurang memikat minat masyarakat untuk bergabung dengan koperasi, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan promosi. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memasang iklan di televisi, radio, brosur, pamflet, atau internet seperti yang telah saya katakan di atas. Semakin banyak kita melakukan promosi atau iklan, tentunya akan membuat masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi. Dengan adanya hal itu, mungkin koperasi akan menjadi buah bibir di masyarakat. Bila hal itu terjadi, tentunya itu akan lebih memudahkan koperasi dalam mensosialisasikan koperasi. Bisa dikatakan hal itu akan membuat koperasi di kenal lebih dalam oleh masyarakat. Masyarakat yang penasaran, akan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai koperasi. Hal itulah yang diharapkan oleh koperasi saat ini.

Mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat memang tidak mudah. Di samping cara berpikir setiap orang berbeda-beda, masalah lain dalam mensosialisasikan koperasi adalah karena terbatasnya pengurus koperasi. Hal ini adalah hal utama yang harus diperhatikan. Kita membutuhkan pengurus koperasi yang dapat meyakinkan masyarakat untuk bergabung dengan koperasi. Tidak hanya pengurus koperasi yang handal yang dapat mensosialisasikan koperasi dengan ide-ide kreatifnya, namun komitmen koperasi dalam mengambil atau memikat hati masyarakat sangat dibutuhkan. Komitmen yang harus dipegang teguh oleh koperasi adalah bagaimana cara mereka untuk mensejahterakan masyarakat? Untuk mensejahterakan masyarakat itulah kita membutuhkan kepercayaan masyarakat untuk ikut serta bergabung dengan koperasi. Dengan demikian, bukan tidak mudah koperasi dapat merealisasikan tujuan koperasi untuk mensejahterakan masyarakat.

Kita dapat memanfaatkan jejaring sosial. Jejaring social seperti facebook atau twitter kini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia.Dengan memanfaatkan social media hal ini tentunya akan memudahkan kita dalam mensosialisasikan koperasi. jejaring tersebut banyak dikunjungi oleh khalayak ramai, hal itu lah yang memudahkan kita mempromosikan dan memperkenalkan koperasi kepada masyarakat.


Selain jejaring sosial, kita juga dapat menggunakan e-mail (electronic mail) sebagai alat untuk mempromosikan koperasi. tidak hanya pesan atau message dari SMS,melalui email kita pun dapat mengirim pesan atau message dalam rangka mensosialisasikan koperasi.Selain mensosialisasikan koperasi itu sendiri, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memperkenalkan produk-produk koperasi. Minimarket adalah salah satu tempat yang dapat kita gunakan untuk melakukan hal itu. Saat ini dengan mudah kita dapat menjumpai minimarket seperti Indomart, Alfamart, Circle K, dan terakhir yang meramaikan dunia bisnis Indonesia adalah Sevel dan Lawson. Hampir di sepanjang jalan yang kita lewati, kita dapat menjumpai  minimarket tersebut dengan mudah. Melalui minimarket itulah kita dapat dengan mudah mempromosikan produk yang dihasilkan oleh koperasi. Dengan cara tersebut lah kita juga dapat merubah image koperasi yang jadul menjadi koperasi yang lebih modern dan dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga koperasi dapat tetap bersaing di era globalisasi seperti ini.

Setelah koperasi lebih dikenal oleh masyarakat dan produk yang dihasilkan diminati masyarakat, langkah selanjutnya yang  mungkin dapat dilakukan adalah terjun langsung ke lapangan. Apa maksudnya? Kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara langsung menemui dan memberi pengertian kepada masyarakat. Kita dapat melakukan sosialisasi dengan cara door to door. Kita dapat menjelaskan kepada masyarakat lebih terinci lagi mengenai koperasi dan produknya.
Keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat agar mau bergabung dengan koperasi. keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat untuk cinta dan minat terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi. keberhasilan selanjutnya adalah keberhasilan mengambil kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan dan komitmen koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan koperasi dalam meningkatkan integritas koperasi di masa yang akan datang. Keberhasilan koperasi dalam menyebarluaskan koperasi ke pelosok tanah air, sehingga siapapun termasuk golongan ekonomi rendah dapat bergabung dan merasakan betapa besarnya dampak positif yang dihasilkan oleh koperasi bagi masyarakat dan koperasi itu sendiri.
Dengan produk yang berkualitas dan harganya lebih murah diharapakan mampu dapat membantu para petani dalam memenuhi kebutuhannya termasuk kebutuhannya sebagai petani yaitu alat-alat pertanian.hal tersebut juga dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh produk yang dibutuhkan. Apabila masyarakat telah percaya dengan produk yang dihasilkan oleh koperasi, tentunya produk dalam negeri akan lebih diminati dibandingkan produk luar negeri. Dengan demikian, pendapatan per kapita negara juga akan bertambah, impor tidak terlalu tinggi, serta akan mengalami surplus karena nilai ekspor tentunya akan lebih tinggi dibandingkan nilai impor. Selain itu, laba dan keuntungan yang didapatkan oleh koperasi akan jauh lebih banyak sehingga dapat memperbaiki kinerja koperasi saat ini menjadi lebih baik lagi.
Memperkenalkan Koperasi di Kancah Internasional dirasa juga hal yang perlu dilakukan.Dalam mensosialisasikan koperasi hal diatas dapat dilakukan dengan cara mengambil peran dari petinggi – petinggi dibidang ekonomi untuk memperkenalkan koperasi di kancah internasional. Hal ini dapat dilakukan dengan cara misalnya dalam rapat dibidang ekonomi Internasional menteri atau petinggi petinggi lainnya menyebutkan nama koperasi didalam sistem yang mampu mempengaruhi perkembangan perekonomian, sehingga koperasi dapat dikenal secara global. Selain itu, koperasi juga bisa membuat suatu perjanjian atau kerjasama dengan pihak asing sehingga koperasi pun dapat memberikan dampak atu pengaruh besar dalam membantu mendorong perekonomian Indonesia khususnya.
Koperasi sendiri diharapkan dapat sangat membantu  mensejahterakan anggota-anggotanya untuk dikehidupan sehari-hari, khususnya dipedesaan agar dapat memperbaiki perekonomian Indonesia juga tentunya. Memiliki masyarakat yang hidupnya sejahtera merupakan cita-cita terbesar yang dimiliki jika saya menjadi menteri koperasi. Karena saling tolong-menolong dan bahu-membahu dalam kehidupan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika sesama manusia sama-sama sudah menyadari betapa indahnya rasa kekeluargaan dan saling tolong menolong dikala susah antar manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Begitulah dasar bersikap dalam organisasi koperasi yang diharapkan dapat terwujud di masa mendatang.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar