Senin, 01 Juni 2015

tugas jurnal tentang csr judul Strategi Public Relations Hotel Banyan Tree Ungasan dalam Mengimplementasikan Program Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Tri Hita Karana)



Nama      : Dwi Julianti
NPM       : 22211244
Kelas       : 4EB08


Strategi Public Relations Hotel Banyan Tree Ungasan dalam Mengimplementasikan Program Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Tri Hita Karana)
Oleh : Serly Novirma Sandy (070915036)

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi tentang strategi Public Relations Hotel Banyan Tree Ungasan dalam mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility (CSR). Signifikansi yang mendasari penelitian ini adalah pertama, Hotel Banyan Tree Ungasan menjadi salah satu eco-resorts di Bali, dan memiliki yayasan khusus sebagai perwujudan CSR dari property Banyan Tree di seluruh dunia yang disebut Banyan Tree Global Foundation. Kedua, Hotel Banyan Tree Ungasan yang merupakan international hotel telah mendapatkan pengakuan bahwa tanggung jawab perusahaannya sesuai dengan falsafah Tri Hita Karana, yang menjadi amanat seluruh komponen masyarakat Bali dalam mewujudkan keharmonisan alam.  Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan tentang strategi Public Relations (PR) dalam mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility (CSR). Peneliti mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara mendalam (indept interview) kepada aspek-aspek yang berkaitan dengan strategi komunikasi Public Relations (PR) dalam implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR).

Keyword : Strategi, Public Relations, Corporate Social Responsibility

PENDAHULUAN

            Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk dari community relations yang dilakukan suatu perusahaan kepada komunitas. Fungsi ini dilakukan untuk membuat suatu hubungan yang harmonis antara perusahaan dan publik yang disasar. Keharmonisan hubungan ini akan tercipta jika masing-masing pihak memahami kebutuhan dan fungsi yang dijalankan masing-masing dan saling memberikan dukungan satu sama lainnya.
            Penelitian terkait dengan Corporate Social Responsibility (CSR), merupakan penelitian yang menarik bagi penulis. Selama mengenyam bangku perkuliahan, penulis memahami konsep mengenai community relations dari pembahasan pada studi Public Relations (PR). Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan penulis pada Hotel Banyan Tree Ungasan yang merupakan hotel international, namun berhasil memperoleh penghargaan atas tanggung jawab perusahaannya yang menganut filosofi Tri Hita Karana, sebagai filosofi umat Hindu di Bali.
            Selain itu, pembahasan terkait dengan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan pembahasan yang cukup banyak dilakukan oleh kalangan dunia usaha. Suatu perusahaan merespon adanya bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dengan berbagai latar belakang. Ada yang melakukan sebagai bentuk berbuat baik suatu perusahaan kepada publik yang disasar, penghindaran dari suatu krisis, tanggung jawab yang diemban perusahaan karena juga merupakan bagian dari masyarakat, atau bahkan hanya sekedar bentuk pemenuhan atas peraturan yang muncul dari pemerintah.
            Penelitian ini memberikan gambaran mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan Hotel Banyan Tree Ungasan dengan menganut filosofi Tri Hita Karana. Penulis memilih Corporate Social Responsibility (CSR) Hotel Banyan Tree Ungasan, karena penulis melakukan proses magang di tempat tersebut selama tiga bulan, sehingga memudahkan penulis untuk memperoleh data dan terlibat langsung dalam pencarian data

PEMBAHASAN

            Hotel Banyan Tree Ungasan merupakan salah satu hotel yang berada dalam manajemen Banyan Tree Hotels & Resort. Sejak hotelnya pertama kali berdiri di Phuket, Thailand pada tahun 1994, Banyan Tree Hotels & Resorts telah menjadikan kegiatan Corporate Social Responsibility sebagai prinsip dasar perusahaannya.
Berdasar pada falsafah “Merangkul Lingkungan, Memberdayakan Masyarakat” kami berusaha menjadi agen social dan ekonomi melalui pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab.” (Maharani, 5 April 2013)
“Sejak tahun 1994, ketika properti Banyan Tree pertama  didirikan di tanah buangan bekas tambang timah di Phuket, kami telah membuat tanggung jawab sosial sebagai suatu prinsip dasar perusahaan.” (Informasi Perusahaan Banyan Tree Ungasan, 2010, p.7)
Hotel Banyan Tree Ungasan yang berada di bawah manajemen Banyan Tree Hotels & Resorts juga menerapkan hal yang sama dalam tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungannya. Sebagai hotel berbintang lima yang berdiri di Bali, tentu tidak dapat mengindahkan bahwa keadaan Bali yang masih sangat mistis dan sacred membuat tanggung jawab perusahaan tersebut tidak hanya dalam bentuk kegiatan social dan ekonomi, namun juga yang berhubungan dengan Ketuhanan. Mereka menyadari bahwa ada adat dan budaya masyarakat yang harus dipatuhi dan tentunya membuat perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan property Banyan Tree lainnya. Tri Hita Karana yang merupakan filosofi hidup bagi umat hindu di Bali, masih dipegang kukuh oleh penduduk asli. Tri Hita Karana berarti tiga penyebab kesejahteraan, yang mana kesejahteraan ini dipercaya akan diperoleh ketika manusia berhasil membina keharmonisan hubungannya dengan Tuhan (Parhyangan), hubungannya dengan manusia (Pawongan) dan hubungannya dengan lingkungan (Palemahan). Hal ini kemudian diwujudkan dalam program-program CSR yang berbasis kepada filosofi Tri Hita Karana sebagai filosofi hidup umat Hindu di Bali.
Namanya hidup di Bali kan ya Sher, disini itu situasinya masih sangat sacral dan itu benar-benar gak boleh kita remehin. Tri Hita Karana itu kan bukan seperti program CSR lain yang focus kepada lingkungan dan masyarakat/komunitas sekitar saja, tetapi hubungan dengan Tuhan.” (Maharani, 5 April 2013)
Semakin berkembangnya kesadaran perusahaan untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan penanggulangan kemiskinan maka kehadiran konsep CSR selain dapat mengembangkan sumber daya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga bermanfaat untuk menjalin hubungan dengan masyarakat dan pemerintah sehingga dapat mendukung image perusahaan (Harahap, 2006). Kebijakan pelaksanaan CSR di Hotel Banyan Tree Ungasan sendiri harus benar-benar memiliki komitmen yang kuat dalam melakukannya. Dimana keterlibatan seluruh pihak dalam melaksanakan program ini sangat diperlukan untuk terciptanya sebuah image positif perusahaan.
Makanya komunikasi internal itu penting sekali Sher, jadi program ini bukan hanya dilaksanakan oleh Top management, tapi oleh semua karyawan yang bekerja disini.” (Maharani, 5 April 2013)
Hotel Banyan Ungasan juga mengakui bahwa program CSR ini menjadi sebuah alat mereka untuk membentuk citra positif di masyarakat. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh fakta bahwa program CSR yang dilakukan di Hotel Banyan Tree Ungasan bukan hanya sebagai motif korporasi semata, tetapi sudah menjadi budaya perusahaan di setiap properti Banyan Tree. Hal serupa disampaikan oleh PR Manager Hotel Banyan Tree Ungasan,
Hotel ini kan profit organization, jadi kita tentu aja butuh yang namanya image bagus. Nah CSR itu bisa jadi salah satunya yang mengangkat citra perusahaan kita. Tapi bukan berarti sepenuhnya sebagai marketing tools loh ya. Soalnya tanggung jawab perusahaan sendiri itu memang sudah menjadi corporate culture di Banyan Tree.” (Maharani, 5 April 2013)
Motif CSR sendiri menurut Lako (2005) adalah sebagai bagian penting dari komunikasi perusahaan, juga sebagai ungkapan terima kasih kepada para pekerja di perusahaan yang berjasa membesarkan perusahaan dan dapat digunakan sebagai strategi investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang ini juga sudah dipikirkan sedari awal oleh Hotel Banyan Tree Ungasan untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari.
Jadi disini kita benar-benar memanusiakan manusia, bukan Cuma sekedar bekerja disini, namun mereka juga bagian keluarga Banyan Tree yang akan membangun Banyan Tree secara bersama-sama. Menumbuhkan sense of belonging para karyawan disini itu menjadi salah satu tujuan program CSR Tri Hita Karana juga Sher.” (Maharani, 5 April 2013)
            Motif Corporate Social Responsibility ini ternyata berhasil menumbuhkan sense of belonging pegawai yang bekerja di Hotel Banyan Tree Ungasan. Berdasarkan observasi yang ditemukan peneliti di lapangan, Inez Karina yang menjabat posisi Food & Beverage Sales mengatakan bahwa ia dan pegawai lainnya ternyata secara tidak langsung menerapkan filosofi Tri Hita Karana yang dimiliki perusahaan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana hal tersebut sampai menjadi sebuah kebiasaan, yang secara tidak sadar akan terus dilakukan karena merasa bahwa Hotel Banyan Tree Ungasan adalah bagian dari dirinya yang harus ia jaga.
Di Hotel Banyan Tree Ungasan, tujuan utama dari program CSR bukanlah hanya sekedar berbuat baik atau terlihat baik, namun menjadi sebuah agen pengembangan di aspek ekonomi dan social, dan dilakukan secara berkelanjutan.
Kita disini berusaha menjadi agen social dan ekonomi melalui pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab” (Maharani, 5 April 2013)
Tetapi di Banyan Tree sendiri, semua program CSR kita dilakukan secara berkelanjutan, dengan harapan untuk memajukan generasi muda di lingkungan sekitar dimana property itu berdiri” (Maharani, 5 April 2013)

Fajar (2010, p. 180) mengemukakan bahwa setidaknya ada tiga alasan penting mengapa kalangan dunia usaha merespon dan mengembangkan tanggung jawab sosial sejalan dengan operasionalisasi usahanya, antara lain :
  1. Perusahaan adalah bagian dari masyarakat dan oleh karenanya wajar bila perusahaan memperhatikan kepentingan masyarakat
  2. Hubungan masyarakat dan kalangan bisnis seharusnya merupakan hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme
  3. Kegiatan tanggung jawab sosial merupakan salah satu cara untuk meredam atau bahkan menghindari konflik sosial.
Ketiga alasan teoritis yang telah dikemukan diatas sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Hotel Banyan Tree Ungasan menyadari bahwa hubungan perusahaannya dengan masyarakat sekitar bersifat saling membutuhkan dan menguntungkan kedua belah pihak. Banyan Tree menganggap bahwa masyarakat merupakan tetangga yang harus dibina hubungannya baiknya.
Publik eksternalnya adalah masyarakat di lingkungan sekitar Banyan Tree, yaitu masyarakat Desa Ungasan. Kenapa ini jadi penting sekali, pertama tentunya untuk long-term­ relationship, kita gak bakal tahu kan apa yang terjadi ke depannya, nah ketika nanti hotel ini terkena masalah, masyarakat bisa menjadi dukungan yang amat sangat kita perlukan  Sher” (Maharani, 5 April 2013)
Pihak Hotel Banyan Tree Ungasan pun menyadari bahwa hubungan yang dibina dengan masyarakat desa Ungasan adalah hubungan jangka panjang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu hubungan yang terjalin dengan masyarakat disini memang merupakan bentuk menghindari konflik sosial karena perannya yang sejajar ini. Banyan Tree membutuhkan masyarakat sebagai pegawai, pangsa pasar, serta dukungan untuk terus eksis. Sedangkan masyarakat membutuhkan Banyan Tree untuk memberikan penghidupan, memenuhi kebutuhan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan-kegitan CSR yang dilakukan.
Model atau pola Corporate Social Responsibility (CSR) yang umum diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia (Said dan Abidin, 2004) adalah dengan keterlibatan langsung, melalui yayasan atau organisasi social milik perusahaan, bermitra dengan pihak lain, mendukung atau bergabung dalam satu konsorium. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan di lapangan, Hotel Banyan Tree Ungasan menggunakan model CSR keterlibatan langsung. Dimana perusahaan menjalankan program Corporate Social Responsibility secara langsung dengan menyelenggarakan sendiri kegiatan sosial atau menyerahkan sumbangan ke masyarakat tanpa perantara.
Program CSR kita semua dilakukan oleh perusahaan kecuali program les bahasa inggris. Nah jadi kita itu mengajarkan bahasa inggris kepada murid-murid di desa Ungasan, namun karena guru bahasa inggris internal perusahaan mengalami kewalahan, kita membayar satu orang guru bahasa inggris tambahan. Tapi sisanya semuanya dilakukan bersama oleh karyawan Banyan Tree Ungasan sendiri.” (Maharani, 5 April 2013)

Pada pendahuluan, disebutkan bahwa Banyan Tree memiliki yayasan sendiri yang mengatur tanggung jawab perusahaan Banyan Tree seluruh dunia, yang bernama Banyan Tree Global Foundation. Tetapi berdasarkan data yang ditemukan lapangan, Banyan Tree Global Foundation hanya mengatur dana yang diperoleh dalam Green Imperative Fund sebagai program wajib CSR, dan mengontrol tanggung jawab perusahaan setiap propertinya.
Kita juga punya yayasan global yang namanya Banyan Tree Global Foundation, pengurusan hasil Green Imperative Fund yang saya sebut sebelumnya akan diurus oleh yayasan itu. Sedangkan pada program lainnya, setiap property Banyan Tree akan mempunyai tanggung jawab masing-masing.” (Maharani, 5 April 2013)
Filosofi Tri Hita Karana yang menganut tiga aspek demi mencapai kesejahteraan juga diterapkan dalam setiap program CSR yang dilakukan oleh Hotel Banyan Tree Ungasan. Tri Hita Karana berarti tiga penyebab kesejahteraan, yang mana kesejahteraan ini dipercaya akan diperoleh ketika manusia berhasil membina keharmonisan hubungannya dengan Tuhan (Parhyangan), hubungannya dengan manusia (Pawongan) dan hubungannya dengan lingkungan (Palemahan). “In Bali, the outlook and philosophy on life is called Tri Hita Karana, which literally translates as the Three Causes to Prosperity, bringing about harmonious relationships: Human to God, Human to Human, and Human to Nature”, (Monte, 2011).
Filosofi Parhyangan merupakan hubungan manusia dengan Tuhan yang diwujudkan dalam pembangunan Pura atau Mrajan di lingkungan Hotel Banyan Tree, dan menyediakan segala alat persembahyangan yang diperlukan seperti canang dan dupa.
Hubungan dengan Tuhan ini juga bukan hanya ditujukan kepada karyawan yang beragama Hindu, tetapi Hotel Banyan Tree Ungasan juga menyediakan Mushola bagi umat muslim, dan menyediakan segala sarana dan prasarana ketika perayaan hari besar setiap agama. Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan terhadap karyawannya, sebagai ucapan terima kasih dan membina investasi jangka panjang dengan seluruh karyawan hotel tersebut.
“Kita disini sangat meyakini bahwa hubungan Manusia dengan Tuhan itu amat sangat penting, nah tadi kan sudah saya sebutkan tentang Pura dan Mushola dalam hotel, untuk agama lain juga kita support loo.. Misalnya pas natalan ya Sher, karyawan yang beragama Kristen mengundang anak-anak yatim piatu untuk hadir disini, doa bareng, nyanyi bareng, makan bareng gitu-gitu Sher, dan semuanya difasilitasi oleh pihak Hotel.” (Maharani, 5 April 2013)
Filosofi kedua yakni Pawongan yang merupakan keharmonisan hubungan antar manusia. Banyan Tree Ungasan menyadari bahwa perusahaannya harus membina hubungan baik dengan publiknya, public internal maupun public eksternal. Untuk menumbuhkan sense of belonging para karyawan sebagai public internal perusahaan, Banyan Tree menganut filosofi memanusiakan manusia, dengan menjadikan seluruh karyawan bagian penting perusahaan, yang memang diperlukan perusahaan untuk mengembangkan diri.
“Jadi disini kita benar-benar memanusiakan manusia, bukan Cuma sekedar bekerja disini, namun mereka juga bagian keluarga Banyan Tree yang akan membangun Banyan Tree secara bersama-sama.” ( Maharani, 5 April 2013)
Dengan mengadakan orientasi selama 3 hari saat karyawan baru bergabung dalam perusahaan, karyawan akan merasa bahwa dirinya disambut dengan baik dan telah resmi menjadi keluarga dari Banyan Tree Ungasan. Hal ini juga dirasakan peneliti ketika peneliti menjalani orientasi tersebut, dimana peneliti merasakan bahwa sambutan selamat datang yang diimplementasikan melalui orientasi ini bukan hanya sekedar mengenalkan tentang property ataupun budaya perusahaan, melainkan membangun rasa kepemilikan setiap karyawan demi memajukan property Banyan Tree Ungasan.
Orientasi itu bukan cuma sekedar mengenalkan kamu tentang gedung atau bangunan hotel ini loo, tapi itu sebagai ucapan selamat bahwa kamu sudah menjadi bagian dari Banyan Tree Ungasan. Itu penting sekali loo sher, itu tahap awal membangun sense of belonging para karyawan disini.” (Maharani, 5 April 2013)
Filosofi ketiga merupakan Palemahan yang berarti keharmonisan hubungan antar manusia dengan lingkungannya. Hotel Banyan Tree Ungasan menyadari bahwa kepedulian terhadap lingkungan sangat penting demi kelangsungan hidup alam di masa mendatang. Bahkan mereka meyakini bahwa ketika mereka mencintai lingkungan tempat mereka bekerja, lingkungan akan balik mencintai mereka.
Dimana saya sebagai orang Bali itu percaya Sher, kalau kita mencintai lingkungan tempat kita bekerja, lingkungan itu akan mencintai kita juga.” (Maharani, 5 April 2013)
Dalam observasi yang dilakukan peneliti, peneliti menemukan bahwa implementasi Corporate Social Responsibility yang berdasar pada filosofi Tri Hita Karana di Hotel Banyan Tree Ungasan, ternyata bukan lagi hanya dilakukan oleh Top Management, tetapi sudah sampai pada Low Management perusahaan tersebut. Marshelly Viola yang merupakan waitress di Restoran Ju-Ma-Na milik Banyan Tree mengatakan bahwa dirinya ketika melakukan pekerjaan sehari-hari juga secara tidak sadar akan mengacu kepada filosofi tersebut. Misalnya adalah menyalakan air conditioner pada suhu 25 derajat Celcius, atau hal yang paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya. Marshelly mengakui bahwa selama 5 bulan ia bekerja di Hotel Banyan Tree Ungasan, ia tidak pernah melihat pegawai yang bekerja disana membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga ia akan merasa malu untuk melakukannya.
“Selama aku kerja disini, kerasa banget sih Sher urusan cinta-cinta lingkungannya. Pegawai yang lain tuh ngelakuin hal kaya gitu berasa kebiasaan Sher, makanya sejauh ini aku belum pernah melihat mereka buang sampah sembarangan. Yang ada mah tamunya, mungkin mereka yang harus kita bikin lebih sadar buat peduli sama lingkungan”, (Viola, 30 Juni 2013)

KESIMPULAN

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap Hotel Banyan Tree Ungasan mengenai strategi public relations dalam mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility (CSR) (studi kasus Tri Hita Karana), peneliti menemukan bahwa:
  • Public Relations Manager di Hotel Banyan Tree Ungasan melakukan fungsi publisitas dan sebagai komunikator bagi publik internal dan eksternal perusahaan, dalam mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility.
  • Strategi Public Relations dalam proses publikasi yang dilakukan bersifat sederhana, namun berhasil memperoleh beberapa penghargaan pada bidang Corporate Social Responsibility.
  • Implementasi Corporate Social Responsibility di Hotel Banyan Tree Ungasan bukan hanya dilakukan oleh Top Management perusahaan, namun juga oleh Low Management yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai kebiasaan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dalam mengimplementasikan kegiatan Corporate Social Responsibility, Hotel Banyan Tree Ungasan menggunakan model keterlibatan langsung, dimana para pegawai terlibat langsung dengan kegiatan dalam program CSR tersebut. Sedangkan, Banyan Tree Global Foundation sebagai yayasan global Corporate Social Responsibility milik Banyan Tree Hotels & Resorts bertugas mengontrol segala kegiatan CSR setiap property Banyan Tree dan mengolah dana yang diperoleh dalam program Green Imperative Fund.
DAFTAR PUSTAKA

Buku
Cutlip, S. M., Center, A. H. & Broom, G. M. 2005, Effective Public Relations 8th  edition, Indeks, Jakarta
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. 2007, Effective Public Relations 9th edition, Prantice Hall, New Jersey.
Davis, A. 2005, Everything You Should Know About Public Relations, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Frida, K. 2004, Dasar-dasar Humas, PT Ghalia Indonesia, Jakarta.
Gregory, A. 2000, The Art and Science of Public Relations: Public Relations in Practice (4th ed.), Crest Publishing House, New Delhi.
Grunig, J. E. 1992, Excellence in Public Relations and Communication Management, Lawrence Erlbaum Associates, New Jersey.
Iriantara, Y. 2004, Manajemen Strategis Public Relations, PT Ghalia Indonesia, Jakarta.
Jefkins, F. 1998, Public Relations. Jakarta (1st ed): Penerbit Erlangga.
Kotler, P. & Lee, N. 2005, Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good, for Your Company and Your Causes, John Wiley and Sons. Inc., New Jersey.
Lawrence, A. & Weber, J. 2008, Business and Society : Corporate Strategy, Public Policy, Ethics, Irwin McGraw-Hill, New York.
Oliver, S. 2007, Strategi Public Relations, Erlangga, Jakarta.
Ruslan, R. 2002, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasinya, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ruslan, R. 2006, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, PT   Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Saidi, Zaim dan Hamid, A. 2004, Menjadi Bangsa Pemarah: Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia, Piramedia, Jakarta.
Untung, H. B. 2007, Corporate Social Responsbility, Sinar Grafika, Jakarta.

Majalah
Suharto E. 2008, ‘Audit CSR’, Majalah BISNIS dan CSR, Vol 1 No 5 April 2008, p. 193.

Jurnal
Dalem, A.A.G. R. 2007. Implementasi Tri Hita Karana dalam bidang Pariwisata Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Lingkungan Hidup Bumi Lestari 7 (1): 78-84. PPLH-UNUD, Denpasar.
Goodwin, F. W. and Bartlett, J.L. 2008, Public Relations and Corporate Social Responsibility (CSR), QUT Digital Repository, Australia.
Imran, M. 2008, Peran Public Relations Pada Program CSR Dallam Rangka Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Unisma e-Journal Vol 09, No 01.
Online
Abidin, F. 2013, Mengkomunikasikan CSR (7). Diakses pada 23 Maret 2013, http://mix.co.id/public-relations/mengkomunikasikan-csr-7/
Anonim. 2007, About Tri Hita Karana. Diakses pada 20 Mei 2013, http://trihitakarana.info/about-2/
Asaad, I. 2011, Pedoman CSR Bidang Lingkungan. Diakses pada 9 Maret 2013, http://www.menlh.go.id/DATA/Deputi_6/CSR/PEDOMAN_CSR_BIDANG-LINGKUNGAN.pdf
Fadjar, E. 2013, Pertumbuhan Hotel di Bali Tidak Merata. Diakses pada 9 Maret 2013, http://www.tempo.co/read/news/2013/04/14/199473300/Pertumbuhan-Hotel-di-Bali-Tidak-Merata
Harahap, O. S. R. 2006, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Diakses pada 23 Maret 2013,  http://www.sarwono.net/artikel.php?id=134&s=
Lako, A. 2005, Menjadi Perusahaan Sosial, Apa Untungnya?. Diakses pada 5 April 2013,  www.kontan-online.com no.11, Tahun X.
Monte, C. 2011, Tri Hita Karana : A Balinese Philosophy of Life. Diakses pada 20 Mei 2013, http://www.edgemagazine.net/2011/02/tri-hita-karana/
Supriadi, A. 2009, Hotel di Bali: Kamar Bertambah 15.000 Unit Dalam Dua Tahun. Diakses pada 3 April 2013, http://www.bali-bisnis.com/index.php/hotel-di-bali-kamar-bertambah-15-000-unit-dalam-dua-tahun/

Sumber :

            Strategi Public Relations Hotel Banyan Tree Ungasan dalam Mengimplementasikan Program Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Tri Hita Karana) Oleh : Serly Novirma Sandy (070915036)


0 komentar:

Posting Komentar